Rabu, 05 Juni 2013

Waspadai Iritasi Kulit Saat Menstruasi

VIVAlife - Apakah Anda termasuk tipe sensitif saat menjelang menstruasi? Cepat marah, mudah menangis, dan uring-uringan. Gejala-gejala Premenstrual syndrome (PMS) itu bukan hanya faktor psikologis atau pengaruh hormon, tapi juga bisa muncul akibat iritasi area intim.

Yang perlu diwaspadai adalah kulit di daerah kewanitaan yang cenderung lebih sensitif.

Survei yang dilakukan sebuah produk pembalut menunjukkan, satu dari lima wanita di Indonesia mengalami iritasi kulit saat menstruasi. Ini terjadi karena tingkat keasaman (pH) antara area kewanitaan dan darah menstruasi tak sama.

Semakin banyak terjadinya kontak kulit dengan darah, semakin besar risiko iritasi. “PH organ intim bersifat asam, kelembabannya 4-4,5. Sedangkan pH darah sifatnya basa, kelembabannya 7,3-7,4,” ujar dokter spesialis kulit dan kelamin RS Pondok Indah Jakarta, dr Susie Rendra, SpKK.

Iritasi kulit yang kerap mengintai saat menstruasi antara lain herpes, dan infeksi jamur Candidosis Kutis. "Saat Anda merasakan area kewanitaan gatal, pedih, apalagi sampai berair dan berbau, sebaiknya waspada," ujarnya.

Di tengah masalah itu, pilihan pembalut saat menstruasi menjadi penting untuk mengurangi kelembaban. Hindari mengenakan pembalut yang justru meningkatkan risiko iritasi.

Ada dua jenis pembalut di pasaran. Pertama adalah tipe mesh yang permukaannya terbuat dari plastik. Tipe ini memang bisa meloloskan cairan dengan cepat melalui pori-pori, namun tidak bisa menyerap darah yang menempel pada kulit. Sedang kedua adalah tipe non-woven yang permukaannya terbuat dari kain. Cukup nyaman karena bisa menyerap, namun seringkali darah atau gumpalannya masih tertinggal di permukaan.

Anda perlu lebih cermat memilih pembalut yang baik. Jika tidak dapat menyerap dengan baik dan darah terus menempel dengan kulit, bisa menimbulkan lecet serta iritasi. Kelembaban yang terjadi, juga bisa menjadi tempat asyik bagi pertumbuhan bakteri. Kenyataannya, kesibukan perempuan aktif membuat malas atau lupa mengganti pembalut. Padahal, kadar hormon estrogen yang menurun saat menstruasi, salah satunya menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan rentan iritasi.
• VIVAlife   Pipiet Tri Noorastuti, Rizky Sekar Afrisia

Nah untuk mom & sist yang mencari pembalut berkualitas agar terhindar dari iritasi dan keluhan lainnya, bisa coba menggunakan Pembalut Herbal AVAIL.
yg belum kenal AVAIL, boleh cek link berikut http://candraavail.blogspot.com/2013/05/apakah-avail-itu.html
kunjungi juga FB saya di http://www.facebook.com/rahma.candra.9?ref=tn_tnmn
follow twitterku juga ya @bisnis_avail

fast respon silakan hub.085 223 831 672 (sms only) atau add pin 2973F156


Tidak ada komentar:

Posting Komentar